Minggu, 21 April 2013

Bahasa Serawai Manna Bengkulu Selatan

Bahasa Serawai merupakan bahasa yang paling banyak di gunakan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kecamatan-kecamatan yang menggunakan bahasa Serawai ini antara lain :
1. Kecamatan Manna
2. Kecamatan Pino
3. Kecamatan Talo
4. Kecamatan Seluma

Saya ingin sedikit menulis bagaimana cara bahasa Serawai di gunakan Kota Manna.

Kata Ganti Subjek
1. Aku
Dalam percakapan dengan siapa pun lawan bicara tetap menggunakan kata “Aku”. Seperti “aku jemau Manna” (Aku orang Manna).
2. Kamu
Di daerah kota manna penggunaan kamu dapat digantikan dengan Nama apabila lawan bicara adalah teman sebayan, dan bisa menggunakan kata “kaba”, kata “kaba” terdengar sangat kasar apabila disapakan kepada orang yang lebih tua. Sehingga kata “kaba” dikhususkan untuk teman yang sebayan. Seperti “Kaba endak kemanau”(kamu mau kemana).
Untuk sapan kepada yang lebih tua biasanya menggunakan kata ”dighi”. Seperti “dighi jak manau” (Kamu dari mana).

RUMUS BAHASA
berbicara bahasa serawai sebenarnya bisa dikatakan mudah. Hampir semua bahasa Melayu Indonesia sama dengan bahasa Serawai.

1. Penambahan “U”
Setiap kali berbicara menggunakan bahasa serawai, penggunaan bahasa indonsia yang berakhiran huruf “a” akan ditambah dengan huruf “u”.
Contoh :
Kemana = Kemanau
Gila = Gilau
Mana = manau
Siapa = Siapau
Bisa(racun) = bisau
Kita = Kitau

2. Struktur kalimat
Kalimat positif = subjek + kata kerja + objek. dan juga bisa diberi keterangan. Jika dalam bahasa Indonesia predikat menggunakan awal huruf m, dalam bahasa serawai huruf m boleh dihilangkan. Tapi hanya beberapa saja yang dapat di hilangkan.

Contoh :
Aku embeli ayam di pekan = Saya membeli ayam di pasar.
Uncu masak gulai ikan = bibi masak gulai ikan

Kalimat negataif.
Penggunaan kalimat negatif biasaanya menggunakan endik(tidak). Subjek + endik + predikat + objek.
Aku embuat layang-layang(aku membuat layang-layang ) > aku endik embuat layang-layang(aku tidak membuat layang-layang)
Aku galak beghusiak(aku suka bermain) > aku endik galak beghusiak(aku tidak suka bermain)

Kalimat tanya
Pada dasarnya struktur bahasa serawai hampir sama dengan bahasa Melayu versi Indonesia.
Seperti :
Jak manau kaba(dari mana kamu)
Endak kemanau kaba(mau kemana kamu)
Lah udim kaba bekerjau(sudahkah kamu bekerja)

Cara melafaskan kata
Jika dalam bahasa Indonesia pengucapan huruf r di ujung lidah. Namu dalam bahasa serawai, biasanya apa bila ada kata yang menggunakan huruf r. pengucapannya dilakukan di pangkal lidah sehingga akan berubah bunyi menjadi “gh”.
Seperti :
Ghumah(rumah)
Gheban(kandang tempat ternak)

Akan tetapi ada juga yang tidak bisa dirubah menjadi bunyi “gh”
Seperti :
Rajin
Riang 
 
 
Sumber: http://sukuserawai.blogspot.com/

18 komentar:

  1. Balasan
    1. Rindu nian aku sama kamu kapan pacak betemu lagi

      Hapus
    2. maaf sanak.. ini sapau? soalau di profil ndiak ditampilkah..

      Hapus
  2. Adaw plw kesanau web ttg bsau manna. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. adaw sanak.. ini mpai ndak ditambahi agi.. mangku lemak jugau mbacauau.. trimaukasih lah mampir..

      Hapus
  3. Mantap nian blog ini. Tp amun aku ndig slah adau aksara'hau serawai ni. Mun pcak tlung d share jgau snak mangku smau2 lcak blajgh ktau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di lain waktu kitau share aksarahau muanai... msih ndak betetanyau dgn puyang tinau atau lanang kudai...

      Hapus
  4. Kalau bisa tulis sejarah nya dong

    BalasHapus
  5. Kalau bisa tulis sejarah nya dong

    BalasHapus
  6. ANNISA SRIFANNA SANI28/02/17, 21.15

    semogau kitau jemau bengkulu pacak jagau warisan kitau [A.S.S JEMAU MANNA]

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dan sependapat dgn masukan dari sanak sekalian... mudah-mudahan kita masih pacak njagau warisan jak puyang paghini...

      Hapus
  7. Ndak padu tu di potohau pulau..masuakah kebun jati haha..rumah kmi tu di poto hahhaha..by tek ega

    BalasHapus
    Balasan
    1. paduh pulau titu tek... kebilau kilah ni namauau kitau fhotoh..

      Hapus
  8. makasih sanak.. dilain waktu kitau tambahi agi..

    BalasHapus
  9. Empai keruan aku empuk adau basau manna di ggl ni ,mantap nian

    BalasHapus