Sabtu, 27 April 2013

16 September 1937: Siaran Langsung Sepak Bola Pertama

Para pemain Arsenal antusias dengan keberadaan kamera televisi di tepi lapangan. (Foto: Dok. Guardian)

Siaran langsung sepak bola sangat mudah ditemui di tanah air. Terutama Premier League yang punya jadwal waktu siaran berbeda sehingga memungkinkan kita menonton enam pertandingan langsung tiap pekannya.
Tapi, tahukah kapan pertama kali siaran langsung sepak bola bisa disaksikan? Khususnya untuk sepak bola Inggris.

Siaran langsung sepak bola di Inggris pertama kali bisa disaksikan pada 16 September 1937. Ketika itu, BBC untuk kali pertama menayangkan pertandingan sepak bola. Partai yang dimainkan antara Arsenal dan tim cadangan Arsenal.

BBC yang pertama kali terjun ke pertelevisian pada 1936, memberikan kesempatan kepada para pemain Arsenal untuk unjuk kebolehan. Siaran langsungnya hanya berlangsung 15 menit. Mulai dari kedua tim jabat tangan dan sedikit aksi eksibisi mereka.

The Gunners merupakan salah satu tim yang peka pada perkembangan teknologi. Sebelum siaran langsung televisi, Arsenal adalah tim pertama yang memfasilitasi laporan pandangan mata melalui siaran radio. Hal itu terjadi pada 1927 ketika tim berhadapan dengan Sheffield Wednesday.

Sejak saat itu, Arsenal menjadi pionir perkembangan teknologi siaran langsung. Pada 1964, untuk kali pertama program Match of the Day dibuat. Terakhir, The Gunners menjadi tim yang menyiarkan langsung sepak bola dalam format 3D per Januari 2010. Itu bisa disaksikan melalui BSkyB.









Sumber: http://www.duniasoccer.com/Duniasoccer/Tribun/On-This-Day/16-September-1937-Siaran-Langsung-Sepak-Bola-Pertama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar