Sabtu, 27 April 2013

27 April 2003: Ratusan Bola Pantai "Menyerbu" Ibrox

Lapangan Ibrox menjadi laiknya tepi laut tempat bermain bola pantai. (Foto: Dok. Xtratime)

Ulah-ulah kreatif fans tak hanya ditunjukkan lewat atraksi koreografi dan nyanyian chants . Namun, bisa juga terlihat dalam aksi nyeleneh yang mungkin ada kalanya tak selalu dipandang tepat. Setidaknya, hal itulah yang tersaji saat fans Celtic bertandang ke Ibrox pada 27 April 2003.

Pemandangan surealis disajikan fans tim tandang dengan melemparkan ratusan bola pantai masuk ke lapangan. Hal ini membuat lapangan Ibrox bak laut tepi pantai, tempat orang-orang kerap bermain bola pantai.

Kala itu, Celtic berada di peringkat kedua liga, delapan poin dari rival Old Firm mereka, Rangers, yang menjadi tuan rumah laga tersebut. Rangers sendiri telah menuai dua kesuksesan sebelum laga itu, berupa gelar Piala Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia.

Hanya saja, Celtic justru jauh lebih berjaya di Eropa. Sementara Rangers sudah tersingkir dari kompetisi Eropa pada September sebelumnnya, Celtic mengalahkan Boavista dengan agregat 2-1 tiga hari sebelum derby Old Firm ini. Kemenangan Celtic itu membuat mereka melaju ke final UEFA Cup di Sevilla pada bulan selanjutnya.

Itu sebabnya, suporter Celtic memanfaatkan pertemuan kedua tim untuk mengolok-olok buruknya pencapaian kubu rival di Eropa. Bukan rahasia lagi, rivalitas kedua kubu memang kerap berujung suasana panas dan tensi tinggi. Namun, yang terjadi selanjutnya terbilang mengandung bumbu humor.

Pasalnya, suporter Celtic berhasil menyelundupkan ratusan bola pantai ke dalam stadion. Lalu, bola-bola itu dilemparkan ke dalam lapangan sambil bernyanyi, "Selagi kalian menonton the Bill, kami akan berada di Sevilla."

Aksi ini membuat petugas pertandingan kewalahan. Mereka harus menyingkirkan bola-bola pantai itu dari lapangan. Satu per satu dikempeskan atau ditusuk, sebagian lain disingkirkan ke tepi. Kerja ekstra ini pun turut dibantu oleh para pemain Celtic yang ada di lapangan.

Kapten Rangers, Barry Ferguson, malah turut mengapresiasi kandungan humor di dalam aksi tersebut dan bahkan mengklaim melihat ayah mertuanya di antara para suporter yang membawa bola pantai.

Celtic akhirnya memenangi pertemuan kedua tim pada hari itu. Tapi, Rangers-lah yang berhak atas tawa kemenangan terakhir. Sebab, mereka akhirnya memenangi gelar liga untuk mengklaim raihan treble musim itu, sementara Celtic justru kalah 2-3 dari Porto pada final UEFA Cup.









Sumber: http://www.duniasoccer.com/Duniasoccer/Tribun/On-This-Day/27-April-2003-Ratusan-Bola-Pantai-Menyerbu-Ibrox

Tidak ada komentar:

Posting Komentar