Sabtu, 27 April 2013

9 April 1938: Siaran Langsung Pertama Pertandingan Utuh

Inggris vs Skotlandia jadi laga pertama yang ditayangkan langsung. (Foto: Dok. Youtube)

Pada 9 April 1938, Inggris menjamu Skotlandia di Wembley. Ini merupakan pertandingan sepak bola pertama yang disiarkan pertama kali secara utuh dan langsung lewat televisi di Inggris.
BBC mulai melakukan ekspansi dalam dunia bisnis media pada 1936. Dari radio, BBC pun merambah televisi kala itu. Namun, laga sepak bola yang mereka siarkan hanyalah rekaman pertandingan partai pembuka Arsenal musim 1936-37 melawan Everton dan siaran langsung pendek (berdurasi 15 menit) partai eksibisi pada September 1937 antara tim utama Arsenal vs tim reserves .

Pertandingan utuh sendiri di Inggris baru disiarkan pada 1938, tepat pada tanggal yang sama hari ini. BBC memilih laga terakhir British Home Championship 1938 yang digelar di Wembley. Tentunya, siaran tersebut masih hitam-putih.

Hasil dari laga ini sendiri sudah tidak menentukan. Sebab, Inggris sudah memastikan gelar tersebut jatuh di tangan mereka setelah menang atas Irlandia dan Wales.

Dengan dua kemenangan itu, Inggris mengemas empat poin (saat itu menang = 2 poin, seri = 1 poin) dan tak mungkin terkejar lagi oleh tim-tim lainnya. Sementara, Skotlandia sebelum laga ini hanya berhasil meraih satu poin, hasil imbang dengan Irlandia. Di sisi lain, dua tim lainnya sudah mengakhiri kompetisi ini tiga pekan sebelumnya dan berada pada peringkat di bawah Inggris.

Namun, laga pertama siaran utuh langsung di Inggris ini nyatanya berakhir mengecewakan bagi publik tuan rumah. Inggris akhirnya harus mengakui kekalahan dari tim tamu akibat gol tunggal Tommy Walker.
Sementara, siaran pertandingan langsung terus dilakukan di Inggris. Laga selanjutnya yang disiarkan secara langsung adalah final Piala FA antara Huddersfield Town versus Preston North End yang digelar pada bulan selanjutnya.








Sumber: http://www.duniasoccer.com/Duniasoccer/Tribun/On-This-Day/9-April-1938-Siaran-Langsung-Pertama-Pertandingan-Utuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar