Sabtu, 27 April 2013

26 April 1902: Ganti Nama Bikin Setan Merah Melegenda

Newton Heath berganti nama menjadi Manchester United. (Foto: Dok. Blog United)

Pada 26 April 1902, tim Divisi Kedua Inggris, Newton Heath FC berganti nama. Berawal dengan nama Newton Heath L&YR FC, klub tersebut didirikan pada 1878 oleh para pekerja depot kereta api Lanchashire dan Yorkshire, Newton Heath.

Markas pertama klub itu terletak di North Road (sekarang Northampton Road) di Newton Heath. Tempat itu menyaksikan bagaimana perjalanan Newton Heath selama 15 tahun hingga 1893. Kini wilayah tersebut telah beralih fungsi menjadi North Manchester Bussines Park.

Sayangnya, markas mereka tak bisa dibilang ideal. Para pemain harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 mil hanya untuk berganti kostum di pemukiman penduduk di Three Crowns.

Memasuki periode 1893, klub berlaga di level Football League dan kemudian menanggalkan label L&YR dari nama mereka, menjadi hanya Newton Heath FC. Mereka pun memutuskan pindah ke markas yang lebih kecil di wilayah CLayton, tiga mil dari markas lama mereka, pada September 1893.

Lagi-lagi, kandang mereka tak ideal, berada di tengah-tengah area industri. Sekarang tempat itu sendiri telah menjadi area parkir mobil Manchester Velodrome.

The Heathens berhasil bertahan melewati pergantian abad. Namun, 24 tahun setelah pertama kali berdiri, klub itu harus mengalami masalah finansial. Utang klub kala itu mencapai lebih dari 2.500 pounds. Hal ini membuat klub terancam pailit.

Tak tinggal diam, kapten saat itu, Harry Stafford, mencoba menyelamatkan klubnya. Dia pun berusaha membujuk John H. Davies, seorang managing director perusahaan bir lokal, untuk berinvenstasi bagi Newton Heath.

Cerita yang beredar, pada mulanya Davies amat ingin membeli anjing peliharaan milik Stafford, tapi ditolak. Stafford justru menceritakan soal kesulitan finansial klubnya dan mengusulkan Davies untuk melunasi tunggakan Newton serta diangkat menjadi presiden klub agar klub itu masih bisa berlanjut.

Tawaran itu diterima dan pada pertemuan awal dewan klub, Davies-lah yang mengusulkan perubahan warna kostum, memilih merah dan putih sebagai warna utama mereka, meninggalkan nuansa green and gold .

Dia pun ingin agar Newton memiliki nama baru sebagai bentuk perubahan terbaru klub. Nama Manchester Central dan Manchester Celtic sempat masuk menjadi pertimbangan, tapi akhirnya mereka menyepakati Manchester United sebagai identitas baru klub. Dituliskan Andy Mitten dalam buku "The Man.Utd Full Story" tanggal 26 April 1902 menjadi awal eksistensi klub tersebut dengan nama baru, Manchester United.

Pergantian nama itu rupanya membawa berkah bagi kubu Man.United. Tim berhasil finis sebagai runners-up Divisi Kedua dan mengamankan tiket promosi ke Divisi Utama pada 1906. Dua tahun berselang (1908), mereka meraih gelar liga pertama mereka. Musim selanjutnya diawali dengan kemenangan pertama Charity Shield, pun ditutup manis dengan gelar pertama Piala FA.

Hingga kini, klub yang kini berjuluk Red Devils itu telah melegenda dan diakui kehebatannya di dunia. Total, 20 gelar liga telah dikoleksi Man.United, ditambah 11 gelar Piala FA, 4 Piala Liga, 3 trofi Liga Champions, dan gelar-gelar lainnya. Teranyar, klub itu baru saja memastikan raihan gelar liga ke-20-nya pada Senin (22/4) setelah menang 3-0 atas Aston Villa.








Sumber: http://www.duniasoccer.com/Duniasoccer/Tribun/On-This-Day/26-April-1902-Ganti-Nama-Bikin-Setan-Merah-Melegenda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar